Saturday, June 29, 2013

Cara Mengetahui IP Address Komputer Sendiri

Pada Posting kali ini... saya akan share tentang  Cara mengetahui IP Address Komputer sendiri
sebelumnya apa itu IP Address? mungkin banyak juga dari kita yang belum tau, jadi tidak ada salahnya kita bahas dulu apa itu IP Address.
IP Address /Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Saya beri contoh, biar lebih mudah dipahami. kita tentu punya Handphone kan??? nah.... untuk tiap2 handphone tentu memiliki kartu(XL,Simpati,Indosat,dll) . nah untuk menghubungi Handphone tersebut tentu kita akan menngunakan nomor kartu tersebut, right?.dan dalam IP Address adalah Nomor kartu dalam perumpamaan tersebut. Jadi untuk berhubungan dengan luar(internet) komputer harus memiliki IP Address, dan untuk keperluan tertentu kadang kita ingin melihat berapa IP Address pada komputer kita saat kita online.
untuk itu.. kita langsung ke TKP.
sebenernya ada banyak cara untuk melihat IP Addres kita, seperti pepatah yang bilang ada banyak jalan menuju Roma.hehehe. tapi kali ini saya akan share tentang bagai mana cara melihat IP Address menggunakan Command Botton.
Langkah pertama
klik - Star - run lalu ketik cmd
lalu akan tampil :
dan ketikan perintah : ipconfig seperti gambar diatas....
lalu lihat pada bagian yang saya lingkari garis merah dibawah ini:
itu lah IP Address komputer kalian..... semoga postingan kali ini bermanfaat... dan sampai ketemu lagi ... 




1 comment :