Wednesday, May 22, 2013

membuat Aplikasi Desktop menggunakan netbeans part 2

wach sperti janji mister stupid kemaren.... untuk posting lagi tentang pemrograman java kali ini mister ingin share tentang aplikasi penjualan yang menggunakan fungsi if else.
uke seperti ini nanti aplikasi yang akan kita buat :

sebelumnya saya beritahu dulu bahwa aplikasi ini belum menggunakan database jadi masih sangat sederhana. tapi tentu kedepanya mister akan terus memperbaiki kualitas dari posting2 yang akan saya publikasikan.
uke untuk membuat aplikasi diatas langsung saja ke TKP
pertama
kita buka netbeansnya, lalu new projek. and then buat lah tampilanya seperti gambar di atas,saya tidak akan menjelaskan tentang tampilanya, karna saya rasa itu sangat mudah, dan penataanya juga bisa kalian rubah sesuka hati kalian.
nah sekarang masuk untuk koding nya : 

dibawah public class kita ketikan type datanya





lalu untuk combo box nama barang :
Pengkodingan diatas adalh untuk memberikan value pada masing2 pilihan di combo box dan juga secara otomatis mengisi textfield disampingnya.



lalu combobox jumlah :

Pengkodingan diatas berfungsi untuk mengatur value pada masing2  pilihan di combo box , dan juga secara otomatis mengisi text field di sebelahnya.



 di lanjutkan dengan commant botton hitung:



Tujuan dari pengkodingan diatas adalah untuk mengisi text field total,diskon dan bayar.dengan ketentuan ; jika total <= 500000 maka diskon=5%,
Jika total =500000-1000000 maka diskon= 10%,jika total=1000000-2000000 maka diskon=15% dan jika total lebih dari 2000000 maka diskon= 20%.

cmd bayar:
 cmd cancel:
cmd Exit:


lalu jalan kan programnya Shif+f6
sebagai catatan, koding harus disesuaikan dengan variable name nya,,buat variable name yang mudah diingat.
tapi buat kalian yang susah mengikuti petunjuk dari tutorial diatas jangn kuatir,,,, saya juga telah menyediakan projectnya yang bisa kalian download disini
jadi tidak usah repot2 mengetiknya.... ok. semoga bermanfaat....terimakasih sudah berkunjung di blog saya.

1 comment :